Jumat, 17 Mei 2013

Permainan Tradisional Kalteng : Bagasing

Bagasing. Bumi Nusantara memang teramat kaya dengan ragam budaya seluruh masyarakat yang ada di dalamnya. Di negeri yang terletak di bentangan garis khatulistiwa (Pulau Kalimantan), berbagai macam jenis permainan tradisional hidup dan berkembang sejak masa lampau. Salah satu dari sekian banyak permainan tradisional tersebut adalah permainan gasing tradisional atau di Kalimantan Tengah (Kalteng) sering dsebut “Bagasing” atau Permainan Gasing Tradisional Khas Kalteng.

Gasing sendiri merupakan salah satu khasanah permainan tradisional anak-anak Nusantara yang layak untuk dilestarikan, namun sangat disayangkan permainan gasing tradisional ini pada masa sekarang cenderung terlupakan dan tergantikan oleh beragam jenis permainan produk asing. Padahal permainan gasing tradisional pada masa lalu tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Sumatera, Sunda, Jawa, Bali, Maluku, Sulawesi, NTT, NTB, Kalimantan hingga Papua.

Gasing sendiri adalah benda yang dibuat sedemikian rupa dari bahan kayu atau bambu dengan cara memainkannya yang harus diputar menggunakan seutas tali. Bentuk gasing sendiri cukup banyak dan setiap daerah juga memiliki beberapa bentuk Gasing, jika di Jawa memiliki gasing dengan delapan bentuk, sedangkan di Toraja, Sulawesi Selatan mengenal gasing dalam 32 bentuk. Sementara di Kalimantan khususnya Kalteng dalam permainan gasing tradisional atau Bagasing mengenal Gasing dalam dua varian bentuk yakniGasing Pantau dan Gasing Balanga.

Permainan ini memiliki nama atau istilah masing-masing untuk setiap daerah di Indonesia. Jika permainan gasing tradisional khas Kalteng ini di Kalimantan Tengah disebut dikenal dengan sebutan Bagasing maka di Jawa Timur Bagasing dikenal sebagai “Kekehan”, di Yogyakarta Bagasing disebut “Patu“, Masyarakat Sunda mengenal Bagasing dengan sebutan “Bansing“, sedangkan warga Banyumas menyebut Bagasing dengan nama “Panggalan“.
Sementara di Kalimantan, Meliputi Kalteng (Kalimantan Tengah), Kalsel (Kalimantan Selatan) danKaltim (Kalimantan Timur) permainan gasing tradisional ini disebut sebagai Bagasing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar